Wali Kota Baubau Terima Penghargaan Tertinggi BKKBN RI

65
Wali Kota Baubau Terima Penghargaan Tertinggi BKKBN RI. (Foto: Diskominfo Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Memperingati Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) ke-28 yang dilaksanakan secara virtual, Senin (28/6/2021). Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI memberikan penghargaan kepada beberapa Gubernur, Bupati/Wali Kota yang memiliki integritas terkait program bangga kencana yang ada di daerahnya.

Penghargaan ini diberikan kepada dua Gubernur, 27 Bupati/Wali Kota se Indonesia. Satu diantaranya adalah Wali Kota Baubau AS Tamrin, yang menerima Manggala Karya Kencana, penghargaan tertinggi dari BKKBN RI.

Kepala PP dan KB Kota Baubau, Suarmawati mengungkapkan, penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut diberikan karena kepala daerah yang mempunyai komitmen tinggi dan keberhasilan, dalam penyelengaraan bangga kencana yang ada di daerahnya termaksud Kota Baubau yang dinilai sukses oleh BKKBN.

Ia menuturkan, program bangga kencana ini sejak tahun 2020 sudah diterapkan yaitu pembangunan keluarga, yang mana ditahun 2020, 43 Kelurahan keseluruhan telah mempunyai 43 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Dari segi kependudukan, ada peningkatan kampung Keluarga Berencana (KB) yang semula hanya ada delapan menjadi 10 kampung KB, dan yang paling bergengsi di Baubau terkait integrasi kampung nelayan dengan kampung KB yang langsung dikunjungi Kepala BKKBN RI untuk mencanangkannya. Dan ide integrasi kampung nelayan dengan kampung KB adalah gagasan dari Sekda Kota Baubau Roni Muhtar, yang coba diterjemahkan oleh Dinas PP dan KB.

Suarmawati mengatakan, untuk program keluarga berencana capaiannya di tahun 2020, untuk peserta aktif mencapai 93 persen. Sedangkan untuk peserta baru mencapai 87 persen. Serta, untuk Harganas Kota Baubau yang ikut pelayanan KB mencapai 121 persen.

“Jadi tiga item kegiatan itu Pemkot Baubau dianggap memiliki konsentrasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut, dan penghargaan yang di terima oleh walikota Baubau adalah merupakan penghargaan tertinggi untuk BKKBN yaitu Manggala Karya Kencana, dimana kalau di lingkungan hidup ada adipura dan ini untuk pertama kali Baubau mendapatkan ini,” katanya.

Suarmawati menambahkan, Wali Kota Baubau H AS Tamrin, memberikan apresiasi atas penghargaan Manggal Karya Kencana sebab hal ini adalah hasil kerja semua tim Pemkot Baubau yang didukung oleh masyarakat.

Karena itu, Wali Kota Baubau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader KB, PPKBD Sub PPKBD dan PLKB yang telah mensukseskan semua kegiatan-kegiatan yang telah ada di dinas PP dan KB Kota Baubau.

Ia berharap, pihaknya kedepan akan melakukan langkah-langkah terutama untuk meningkatkan terkait keikusertaan pria untuk ber KB, meskipun ini adalah tantangan.

Dan usaha itu telah dilaksanakan dengan mencoba mensosialisasikan yang kemudian dari BKKBN RI akan ada insentif yang diberikan kepada laki-laki yang ikut program KB pria vaesktomi yang kalau tidak salah sebesar Rp 1,5 juta per orang insetifnya.

Editor: La Ode Muh. Abiddin