Wamendag Apresiasi Usulan Pembangunan Pasar dan SRG di Baubau

56
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jeryy Sambuaga saat berkunjung ke Kota Baubau. Foto: Novi/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, menghadiri undangan acara ramah tamah dan jamuan makan malam yang diadakan oleh pemerintah Kota Baubau, bertempat di Rujab Wali Kota Baubau, Rabu (26/5/21).

Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dalam penyambutan Wamendag Jerry Sambuaga, mengungkapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan.

“Pertama tentu terimakasih ya, kepada seluruh jajaran Wali Kota Baubau yang sudah menyambut kami dan juga sudah menerima kami disini untuk pertama kali bersama-sama dengan jamuan makan malam dan juga silaturahmi,” tuturnya.

Kedatangan Jerry Sambuaga, untuk melakukan kunjungan kerja selama dua hari, melihat beberapa titik yang ada di Kabupaten Buton dan Wakatobi. Sehubungan dengan kedatangannya ini, dimanfaatkan Pemkot Baubau untuk memperkenalkan apa saja yang menjadi potensi daerah dan apa saja yang menjadi kendala.

Dengan hari pertama kedatangannya langsung menuju Kabupaten Buton untuk melihat langsung lokasi penambangan Aspal.

“Saya sampai tadi siang dari Jakarta langsung kami melakukan kunjungan kerja melihat berapa tempat beberapa titik. Pertama tadi kita lihat lokasi penambangan Aspal yang memang itu 100% dari sini produk lokal yang memang dikembangkan secara masif dan juga tentunya itu akan menjadi salah satu hal yang membanggakan untuk kita semua yang kita dorong dan nanti ujung-ujungnya untuk kita ekspor,” jelasnya

Tak hanya Kabupaten Buton dan Wakatobi, Pemkot Baubau juga memanfaatkan kedatangan Wamendag dengan mengusulkan proposal terkait dengan pembangunan Pasar dan SRG.

“Untuk usulan bapak Wali Kota, tadi saya sudah sampaikan sendiri bahwa aspirasi atau mungkin permintaan untuk pasar dan juga SRG tadi saya sudah sampaikan dalam penyampaian saya bahwa ini penting ya, karena kenapa SRG ini gunanya untuk membantu petani selama ini kesulitan menyimpan barang,” jelasnya.

“Dia tidak bisa jualan pada saat harga turun sehingga dapat merugikan petani nah, kenapa dia rugi karena dia tidak punya penyimpan dengan adanya SRG ini kita bangun gudang, gudangnya ini bisa difungsikan oleh para petani kita barang yang disimpan disana tahan sampai 3-6 bulan sehingga ketika harga naik dia bisa jualan,” tambahnya.

Selain itu, Jerry Sambuaga juga menambahkan hal ini sebagai instrumen tunda jual yang nantinya para petani dapat meminjam dari bank.

“Jadi ini sebagai instrumen tunda jual, dan dia bisa mendapatkan pinjaman dari bank kombonitasnya di taru di gudang dia kasi ke bank, dan bank kasi riset Dan riset itu bisa dikasi pinjaman. Ini artinya untuk membantu petani, kita tadi sampaikan sama pak walikota belum ada disini proposal nya nanti kita terima kita lihat kajiannya, teknisnya, prosedur nya, Sesuai regulasi dan seterusnya kalau oke kita usahakan Suport untuk itu,” pungkasnya

Selain itu juga terlepas dari itu Ia berharap dengan adanya kegiatan ramah tamah dapat mempererat tali silaturahmi sehingga menjadi momen bersama untuk saling bersinergi.

“Harapannya, tentunya kami sekali lagi berterimakasih pada seluruh pemerintah kota Baubau dan seluruh anggota yang hadir Pak Pangdam dan seluruhnya pada teman-teman media yang dengan sangat ramah dan sangat hangat menyambut nya dan ini kali pertama saya datang di kota Baubau saya senang bersyukur dan tentunya ini salah satu mempererat tali silaturahmi dan juga menjadi momen bersama untuk saling bersinergi,” tutupnya.

Reporter: Novi
Editor: La Ode Muh. Abiddin