Warga Baubau Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem 1 Minggu ke Depan

751
Kepala BMKG Kota Baubau, Hadi Setiawan mengimbau warga Baubau dan sekitarnya waspadai cuaca ekstrem satu minggu kedepan. Foto: Novi/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Baubau, mengimbau warga untuk waspada cuaca ekstrem hingga satu minggu kedepan. Hal tersebut disampaikan mengingat, masih tingginya intensitas curah hujan di wilayah Kota Baubau dan sekitarnya.

Kepala BMKG Kota Baubau, Hadi Setiawan mengatakan, jika dilihat dari usur cuaca yang di Indonesia saat ini berada pada angin muson barat dimana cuaca tersebut bersifat basah dan banyak menghasilkan hujan. Angin tersebut bergerak dari Benua Asia ke Benua Australia melalui wilayah Indonesia.

“Makanya di Baubau, intensitas hujannya masih cukup tinggi karena Baubau termaksud salah satu wilaah yang dipengaruhi oleh angin muson asia. Untuk wilayah pulau Buton lainnya, kiranya semua yang tinggal dipesisir pantai wajib waspada karena angin masih cukup kencang. Kemudian masyarakat yang tinggal di daerah lereng, wajib waspada longsor dan banjir,” terang Hadi.

Diakhir wawancaranya, Hadi berpesan untuk penggunaan jasa transportasi udara, selalu memastikan kondisi cuaca dalam keadaan aman sebelum melakukan aktifitas penerbangan. Mengingat, pertumbuhan awan hujan masih cukup tinggi. Sementara untuk jasa transportasi laut, selalu memantau kondisi gelombang sebelum memutuskan untuk berlayar.

“Intinya selalu waspada. Para nelayan, kiranya jangan melaut jika cuaca sedang tidak bersahabat. Untuk yang bepergian baik lewat udara maupun laut, pastikan dulu kondisi cuaca untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” Imbau Hadi.

Reporter: Novi/Tia
Editor: Adhil