Warga Desa di Lasalimu Selatan Diminta Waspadai Penyakit Tidak Menular

69
dr Munarsi didampingi Komandan SSK TMMD ke-110 Buton, Letda Ridwan ditemui usai berikan penyuluhan kesehatan. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Sebagai upaya pencegahan terhadap jenis penyakit tidak menular, sejumlah warga di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), diberikan penyuluhan kesehatan gratis.

Kegiatan yang digelar di balai pertemuan Desa Mulya Jaya hari ini Kamis, 11 Maret 2021, merupakan salah satu rangkaian program non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMM) ke-110 Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Salah satu penyuluh kesehatan, dr Munarsi menjelaskan, penyakit tidak menular merupakan penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis), penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman termasuk penyakit kronis degeneratif antara lain penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, kanker, penyakit paru obstruktif kronik, cedera dan gangguan indera dan fungsional serta penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat.

Suasana kegiatan penyuluhan kesehatan tentang penyebab dan bahaya penyakit tidak menular serta cara pencegahannya. Foto: Adhil/suryametro.id

Sebagai bentuk pencegahannya, melalui giat penyuluhan tersebut, masyarakat diminta budayakan hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, rutin berolahraga serta selalu menjaga kondisi lingkungan tetap terjaga dengan baik.

“Nah, penyuluhan kali ini kita beri pemahaman apa saja jenis penyakit itu, bagaimana cara penanganan dan pencegahannya. Jikapun ada warga setempat yang mengalami gejala penyakit tidak menular itu, kiranya segera melakukan pemeriksaan kesehatan di posko-posko kesehatan terdekat,” kata dr Munarsi.

Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TMMD ke-110, Letnan Dua (Letda) Ridwan berharap, dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat bisa lebih ditingkatkan. Karena tentunya, menjaga tubuh tetap sehat merupakan tugas dari masing-masing warga itu sendiri.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat sehingga masyarakat selalu sehat,” kata Letda Ridwan.

Penulis: Adhil