Wawali Buka Secara Resmi Kegiatan Bimbingan SMKK

43
Wakil Wali Kota Baubau saat membuka Secara Resmi Kegiatan Bimbingan SMKK. (Foto: Razak/Kominfo Baubau)

BAUBAU, suryametro.id – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse, membuka dengan resmi kegiatan bimbingan teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) di Hotel Zenith Premiere Baubau, Senin (22/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut ditekankan pentingnya tenaga kerja Konstruksi yang terlatih, terampil, dan bersertifikat.

Hal itu diungkapkan La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya. Pasalnya, selain dapat memberikan manfaat bagi pekerja tenaga Konstruksi, keahliannya juga dapat diakui di mancanegara.

“Infrastruktur bukan hanya membutuhkan tenaga kerja konstruksi dalam jumlah besar, namun juga perlu menyiapkan tenaga kerja konstruksi yang terlatih, terampil dan bersertifikat. Sertifikasi bukan hanya amanat Undang-undang No.2 Tahun 2017, tapi juga harus memberikan manfaat bagi tenaga kerja khususnya di Kota Baubau”, tuturnya.

Ditambahkan, pembangunan infrastruktur yang pesat membutuhkan tenaga kerja Konstruksi dalam jumlah yang besar. Namun demikian, kuantitas tersebut juga harus dibarengi dengan kualitas yang baik. tidak lepas dari peran pembinaan tenaga kerja Konstruksi melalui pelatihan dan sertifikasi.

“Tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan Pembangunan Nasional sebagai pelaku dan tujuan pembangunan. Untuk itu setiap tenaga kerja harus memiliki kompetensi kerja sesuai dengan standar kinerja yang disyaratkan di tempat ia bekerja” imbuhnya.

Untuk itu La Ode Ahmad Monianse berharap, agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi secara positif terhadap pembangunan, khususnya di Kota Baubau. Selain itu, agar dapat mendorong perkembangan dan kemajuan sektor jasa konstruksi di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara terutama Kota Baubau.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Baubau terus mendorong, agar seluruh stakeholder jasa Konstruksi baik di Pusat maupun di Daerah dapat berperan sebagai pionir bagi perubahan jasa konstruksi dalam menjawab tantangan pembangunan infrastruktur yang berdaya saing dan berkelanjutan”, pungkasnya.

Reporter : Novi
Editor : La Ode Muh. Abiddin