Wujud Toleransi Umat Beragama, Wabup Konsel Hadiri Ngaben di Desa Aepodu

45
Wabup Konsel Rasyid saat menghadiri upacara ngaben di Desa Aepodu - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Wakil Bupati (Wabup) Konawe Selatan (Konsel) Rasyid SSos MSi, tunjukan wujud tolearansi umat beragama di Konsel, dengan menghadiri upacara ngaben jenazah salah satu tokoh masyarakat umat Hindu I Ketut Wardana di Desa Aepodu, Sabtu (5/6/2021).

Dengan mengenakan udeng atau tutup kepala khas umat Hindu, Wabup Konsel hadir dilokasi kremasi jenazah, yang juga merupakan seorang Guru di SMPN 17 Konsel di Desa Anggondara Kecamatan Palangga.

Upacara pembakaran jasad, dengan maksud mensucikan roh yang meninggal untuk diantarkan ketempat peristrahatan terakhir, dihadiri masyarakat Hindu lainnya. Dikesempatan itu, Rasyid menyampaikan bela sungkawa mendalam, sekaligus memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, turut berbela sungkawa, sekaligus menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian beliau kepada masyarakat,” ucapnya.

Kemudian, semoga keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan merelakan kepergiannya. Kehadiran, dalam ritual keagamaan ini, juga bentuk kepedulian dan rasa cinta dari pemerintah kepada seluruh pemeluk agama tanpa ada rasa membedakan.

Lanjutnya, pada intinya semua agama mengajarkan kebaikan, untuk itu ia berpesan agar masyarakat selalu menjaga ketentraman, saling menghargai dan menghormati. Serta memupuk komitmen persatuan ditengah keberagaman budaya, adat istiadat dengan sikap toleransi dalam bingkai bhineka tunggal ika.

Reporter: Udin