Youth Entrepreneur Solusion Harapan Kebangkitan UMKM di Baubau

32
EYW Aspuuk Oxfam wilayah Baubau dan Wakatobi, Wawan Rasipu - Doc: suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Forum Youth Entrepreneur Solution (YES) Baubau, telah resmi dilantik Wakil Walikota Baubau, Laode Ahmad Monianse di Aula Metro beberapa waktu lalu. Forum pemuda yang bergerak di bidang pengembangan wirausaha dan pembangunan ekonomi tersebut, diharapkan menjadi awal kebangkitan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di kota Baubau apalagi ditengah pandemi covid-19.

Mentor Program Empower Youth for Work (EYW) Aspuuk Oxfam wilayah Baubau dan Wakatobi, Wawan Rasipusaat dikonfirmasi, Kamis (29/7/2021) kemarin mengatakan, setelah pelantikan YES, pemerintah Kota Baubau khususnya dinas UMKM diharapkan dapat memberikan suport untuk pengembangan usaha

“Sebagai pemegang regulasi harusnya pemerintah berperan aktif dengan tidak hanya mendata UMKM dan menyelenggara pelatihan-pelatihan, namun paska pelatihan harus dilakukan evaluasi dengan alat ukur yang jelas, terkait dampak dari hasil Pelatihan yang di ikuti para pelaku UMKM,” jelasnya

Menurutnya, pemerintah sangat penting untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas penyelenggaraan sebuah kegiatan. Oleh sebab itu, pemerintah harus mempunyai Blue print yang jelas terkait pembinaan UMKM, sehingga kedepannya pembinaan UMKM dapat terarah dan berdapak signifikan, pada peningkatan nilai dan kualitas produk serta pengelolaan managemen para pelaku UMKM muda.

“Kita berharap pemerintah ikut memberikan support sehingga produk-produk hasil karya wirausahawan muda Baubau dapat menjelajahi pasar lokal, namun juga bisa masuk kepasar nasional bahkan ekspor,” ungkapnya.

Kedepan, pemerintah wajib untuk memfasilitasi keberadaan kawasan sentra UMKM di kota Baubau, yang represtatif dan moderen. Hal ini diharapkan, agar pelaku UMKM muda ini dapat memajang dan menjajakan hasil kerajinan dalam satu kawasan tertentu.

“Butuh adanya kawasan sebagai pusat UMKM, kawasan ini juga bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata kota Baubau, asal dikelola dengan baik dan terarah,” tutupnya.(Adm)