DPRD Temukan Sejumlah Pekerjaan Pemkab Konsel Tidak Tuntas

87 views
Monev DPRD Konsel Temukan Banyak Pekerjaan Tidak Tuntas. Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menemukan beberapa hal pokok yang menjadi perhatian penting, dari hasil kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Konsel Tahun Anggaran 2020.

Beberapa hal pokok yang menjadi perhatian DPRD, diantaranya adalah realisasi dari program kerja proyek fisik dan non fisik, yang telah di anggarkan melalui Dana APBD, APBN maupun Dana Desa (DD).

Hal tersebut, berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dilakukan langsung anggota DPRD Konsel secara bersama dimasing-masing Daerah Pemilihan (Dapil), untuk melihat secara langsung hasil pembangunan Pemkab, Kamis (8/7/2021)

Monev Dewan yang mulai berlangsung sejak 2-8 Juli 2021 itu, dengan turun langsung kelapangan, pihaknya dapat mengetahui apakah program tersebut dianggap tepat atau pelaksanaannya dilokasi yang telah ditentukan Pemerintah atau tidak.

Adapun catatan-catatan penting anggota DPRD Konsel selama pelaksanaan Monev di empat Dapil di Konsel, mulai dari Kecamatan Andoolo, Tinanggea, dan Buke (Dapil I), ditemukan beberapa pekerjaan yang tidak maksimal, seperti pembangunan talud dan paving blok pusat kuliner.

Kemudian, pembangunan gedung Puskesmas Tinanggea dan pembangunan Rumah Dinas Puskesmas Tinanggea, yang pemasangan batu alamnya lepas, pintu menuju ruang UGD rusak, tembok ruangan UGD retak, plafon ruang dapur rusak akibat rembesan air.

“Saluran sekunder bendungan Watu Mokala Jebol, kapasitas pengairan bendungan watu mokala 900 hektar yang terealisasi hanya 200 Hektar,” ungkap Budi Sumantri, salah satu anggota DPRD Konsel

Semenetara itu, anggota DPRD lainnya Udin Saputra juga mengatakan, di Kecamatan Mowila dan Landono (Dapil II) telah ditemukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak tuntas seperti pembangunan Kolam Air Tawar di Desa Monapa Mowila, infrastruktur jalan tani Desa Muliasari Mowila. Serta BPP Kecamatan Landono ditemukan beberapa Item yang dikerjakan asal-asalan.

Lain halnya di Kecamatan Moramo, Moramo Utara dan Kolono (Dapil IV), yang disampaikan Herman Pambahako, ada beberapa pembangunan yang telah selesai dengan baik, seperti pembangunan Rumah Dinas Puskesmas Lalowaru, pengaspalan ruas jalan Desa Tanjung Tiram, Rehabilitasi Kantor Kecamatan Kolono.

“Adapun pembangunan yang mendapatkan catatan tambahan dari Dewan Dapil IV ini, yaitu seperti pembangunan Box Culvert Ruas Sumber Sari-Ulusena, perlu perbaikan penimbunan bahu jembatan,” jelasnya

Lanjutnya, pembangunan jalan usaha tani Desa Sumber Sari rusak atau tidak bisa dilewati kendaraan, serta pembangunan Drainase Desa Wawondengi Kecamatan Moramo, masih kurang lebih 8 meter belum dikerjakan

Reporter: Udin
Editor: Herman Erlangga