48.043 Warga Wakatobi Pakai BPJS Gratis dari Pemerintah

30 views
Kepala BPJS Kabupaten Wakatobi saat Ditemui di Ruang Kerjanya (Foto: Samidin/suryametro.id)

WANGI-WANGI, suryametro.id – Jumlah masyarakat Kabupaten Wakatobi yang telah terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, baik mandiri atau tanggungan pemerintah sebanyak 111.772 orang, atau sekitar 97,14 persen dari total jumlah penduduk Wakatobi.

Khususnya untuk masyarakat pengguna BPJS kesehatan yang disubsidi atau secara gratis dari pemerintah Wakatobi sebanyak 48.043.

Kepala BPJS kabupaten Wakatobi, Saifuddin saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini mengatakan, badan penjamin kesehatan gratis ini sudah berjalan sejak tahun 2018. Artinya, dalam kurun waktu tiga tahun APBD Wakatobi untuk menjamin kesehatan warga tidak sedikit jumlahnya.

“Iurannya perorang itu sebesar Rp 38.700. hanya kalau soal anggaran bagusnya langsung bertanya ke Dinkes,” jelasnya

Lanjutnya, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kuota BPJS tanggungan Pemda Wakatobi jumlahnya tidak pernah berubah. Kendati ada yang keluar karena meninggal atau pindah penduduk, dalam waktu cepat akan diisi oleh yang baru mendaftar.

“Misalkan pemiliknya sudah meninggal dunia, atau sudah kawin dengan PNS, mungkin juga sudah pindah domisili. Misalkan sudah berkurang 10 kami minta lagi ke Dinsos bahwa ini ada lagi yang kurang, bisa dimasukkan lagi kalau masih ada tambahan,” tutupnya.

Reporter: Samidin
Editor: Herman Erlangga